4 Tipe Muslim, Termasuk tipe yang Mana Kita?

BACA JUGA :

DENIKURNIA.COM – Apa kabar sahabat semua? Insya Allah jawabannya, “Alhamdulillah...luar biasa...Allohu Akbar!”. Di sela-sela pengawasan pelaksanaan Ujian Sekolah bagi siswa-siswi SMPN 1 Mande, sebagai “rehat” saja dari aktivitas rutin, kali ini saya posting sebuah tulisan “nyantai” tentang tipe-tipe muslim. Sederhana, nyeleneh, tapi besar harapan semoga ada manfaatnya. Selamat membaca!

4 Tipe Muslim

  • Muslim mu’minin ( Berpredikat Muslim dan beriman)

Tipe muslim ideal. Ia mengaku muslim, dan sekaligus meyakini apapun yang diwajibkan diyakini oleh syari’at. Menjalankan praktik keagamaannya sesuai dengan keyakinan yang tertanam dalam jiwanya, berdasar keilmuan yang shahih, dan berpedoman kepada Al Qur’an dan As-Sunnah.

  • Muslim “musingin”

Mengaku sebagai orang Islam, tapi akhlaknya jauh dari akhlak Islam. Kurang oftimal dalam menjalankan kewajiban syari’at, dan yang paling parah, ia bahkan menjadi semacam “duri” bagi teman-temannya, keluarganya, atau siapapun yang dekat dengan dirinya, pokoknya “ musingin” banget.
  • Muslim “mukimin”

Tipe muslim seperti ini ibarat bunglon. Tahu kan hewan  bunglon? Hewan yang berubah warna kulitnya sesuai tempat yang ditinggalinya. Orang Islam bertipe seperti ini, keislamannya tergantung “tempat”. Ketika ia bergaul dengan orang-orang soleh, ya ia berperilaku “soleh”. Namun ketika ia bergaul dengan orang salah, ia ikut juga salah. Tak punya prinsip, gampang terbawa arus.

Muslim “musimin”
Sebentar lagi kita menghadapi Ramadhan, bulan suci yang di dalamnya ada syariat kewajiban menjalankan ibadah shaum. Mungkin di antara kaum muslim ada yang bertipe muslim “musimin”. Ketika ramadhan tiba, rame-rame mengkhatamkan Al Qur’an, rame-rame ke pengajian, busana yang syar’i dll. Namun ketika “musim” ramadhan berlalu, maka berlalu pula semua ibadahnya yang tadi dilaksanakan di bulan tersebut. Artinya, ibadahnya tergantung musim.

Kira-kira, kita masuk tipe yang mana ya?
Termasuk Kategori : Dunia Muslim, Ibadah
0 Komentar untuk "4 Tipe Muslim, Termasuk tipe yang Mana Kita?"

Back To Top