Beginilah Cara Islam Menjaga Keutuhan Negara

BACA JUGA :


Siswa-siswi SMPN 1 Mande dalam acara " Dauroh Palestina"
Negara bagi umat Islam sedunia disebut dengan Khilafah. Umat Islam hidup di dalamnya sebagai satu umat, satu agama dan satu bendera yang dipimpin seorang Khalifah. Islam mengajarkan kesatuan dan persatuan di tengah-tengah kaum Muslim. Menjaganya adalah wajib, bahkan merupakan perkara ma’lûmun min ad-dîn bi ad-dharûrah.

Menjaga kesatuan dan persatuan di sini bukan hanya soal individu, tetapi juga wilayah. Sabda Nabi SAW, “Jika telah dibaiat dua khalifah, maka bunuhlah yang terakhir di antara keduanya.” (HR. Muslim)

Islam memiliki cara-cara untuk menjaga keutuhan wilayah negara. Menyadari adanya potensi perbedaan dan perselisihan, Islam menetapkan akidah Islam sebagai dasar negara, yang darinya UUD dan UU penyelenggaraan negara dibangun.

Dalam menyusunnya, Khalifah-lah yang memiliki hak. Kaidah fiqih menyatakan, “Perintah imam (khalifah) bisa menghilangkan perselisihan”

Jikapun terjadi perselisihan, semua dikembalikan ke hukum syara', melalui institusi mahkamah baik Khushumat maupun Mazhalim.

Dasar ketaatan pada khalifah adalah "khalifah dibai'at untuk menjalankan hukum syara"

Di sisi lain, tindakan makar dan memisahkan diri dari kekhilafahan adalah dilarang. Pelakunya dapat diberi sanksi berupa hukum had untuk memberi pelajaran. Jika pelakunya ahlu dzimmah, maka mereka akan diperangi.

Hanya saja, tindakan militer harus dibarengi dengan tindakan politik, untuk mencegah separatisme semakin berkobar.

Selain tindakan kuratif, Khilafah juga memiliki upaya preventif untuk menjaga keutuhan wilayah. Di antaranya adalah dengan memata-matai kafir harbi fi'lan dan ahli ar-raib, menutup kedutaan kafir harbi hukman yang dijadikan untuk memata-matai Khilafah dan menggunakan kebijakan satu pintu dalam interaksi warga negara Khilafah dengan luar negeri.

Inilah beberapa ketentuan Islam terhadap berbagai usaha memecah belah kesatuan dan persatuan Khilafah.

#Syariah dan #Khilafah Mewujudkan #IslamRahmatanLilAlamin.

 posted from Bloggeroid
Termasuk Kategori : Dunia Muslim
0 Komentar untuk "Beginilah Cara Islam Menjaga Keutuhan Negara"

Back To Top