Dalil Keutamaan Shalat di Awal Waktu

BACA JUGA :


Sahabat, shalat 5 waktu merupakan kewajiban bagi seluruh pemeluk Islam yang sudah taklif. Pelaksanaan shalat di awal waktu memiliki keutamaan yang luar biasa.

Berikut ini saya akan nukilkan beberapa dalil, baik dari Al Quran maupun hadits.

Dalil Al Quran

Allah SWT berfirman:

قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ (1) الَّذِينَ هُمْ فِي صَلَاتِهِمْ خَاشِعُونَ (2) وَالَّذِينَ هُمْ عَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضُونَ (3) وَالَّذِينَ هُمْ لِلزَّكَاةِ فَاعِلُونَ (4) وَالَّذِينَ هُمْ لِفُرُوجِهِمْ حَافِظُونَ (5) إِلَّا عَلَى أَزْوَاجِهِمْ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُمْ فَإِنَّهُمْ غَيْرُ مَلُومِينَ (6) فَمَنِ ابْتَغَى وَرَاءَ ذَلِكَ فَأُولَئِكَ هُمُ الْعَادُونَ (7) وَالَّذِينَ هُمْ لِأَمَانَاتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَاعُونَ (8) وَالَّذِينَ هُمْ عَلَى صَلَوَاتِهِمْ يُحَافِظُونَ (9) 

Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman,  (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam sembahyangnya, Dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna. Dan orang-orang yang menunaikan zakat, Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, Kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki, maka Sesungguhnya mereka dalam hal Ini tiada terceIa. Barangsiapa mencari yang di balik itu,  Maka mereka Itulah orang-orang yang melampaui batas. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya. Dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya.

(Qs. Al-Mu’minun 23 : 1-9)

 

Allah SWT berfirman:

فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِكُمْ فَإِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَأَقِيمُوا الصَّلاةَ إِنَّ الصَّلاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا

Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.
(QS. al-Nisa' 4:103)

Dalil Hadits

Dari Abdullah ibn Mas’ud ra. beliau berkata: Saya bertanya kepada Nabi SAW:

Amalan apakah yang paling dicintai Allah SWT? Beliau menjawab:

Shalat tepat pada waktunya.

Kemudian apa? Beliau menjawab:

Berbakti kepada orangtua.

Aku bertanya lagi: Kemudian apa? Beliau menjawab:

Jihad di jalan Allah.

(HR. al-Bukhari dan Muslim)

Demikian beberapa dalil tentang keutamaan shalat di awal waktu. Semoga bermanfaat.

posted from Bloggeroid

Termasuk Kategori : Ibadah
0 Komentar untuk "Dalil Keutamaan Shalat di Awal Waktu"

Back To Top