Pedang Allah yang Terhunus, Khalid bin Walid Radhiyallahu 'Anhu

BACA JUGA :


Sahabat, Khalid bin Walid, adalah seorang panglima pada masa Rasulullah SAW hingga masa pemerintahan Khulafaur Rasyidin. Rasulullah menjulukinya sebagai Saifullah Al-Maslul (pedang Allah yang terhunus). Keperkasaan dan kejeniusan strateginya dalam bertempur membuatnya menyandang gelar itu.

Tak kurang dari seratus kali pertempuran berhasil ia menangkan. Pencapaian terbesarnya ialah memimpin pasukan jihad dalam penaklukan Arab, Persia Mesopotamia, dan Suriah Romawi, hanya dalam waktu empat tahun, pada tahun 632M hingga 636 M. Dunia mengenangnya karena berhasil memenangkan Islam pada Pertempuran Yamamah, Pertempuran Ullais, Pertempuran Firaz, juga kesuksesan taktis pada Pertempuran Walaja, serta Pertempuran Yarmuk.

Kejeniusannya dalam strategi perang amat terkenal bahkan sebelum ia masuk Islam. Pada masa pemerintahan Abu Bakar, Khalid diamanahkan untuk memperluas wilayah Islam dengan berhasil mengalahkan pasukan Romawi dan Persia. Pada tahun 636 M, kekuasaan Islam terentang hingga keluar Jazirah Arab dengan sangat cepat.

Namun pada masa pemerintahan Amirul Mukminin Umar bin Khattab RA, Khalid diberhentikan, dan dialihkan tugasnya menjadi duta besar. Hal ini dilakukan oleh Umar RA, dengan maksud agar kaum Muslimin tidak mengultuskan Khalid, dan berfikir bahwa berbagai kemenangan yang diperoleh selama ini dikarenakan Khalid, padahal semata-mata karena pertolongan Allah SWT.

Pesan Khalid bin Walid sebelum wafat, “Aku telah mengejar kematian di tempatnya tapi aku tidak ditakdirkan untuk mati kecuali di atas kasurku. Tak ada satu amal pun yang lebih aku harapkan setelah kalimat La ilaha illAllah selain satu malam yang aku lalui dalam keadaan siaga sementara langit mengguyurkan hujannya sampai pagi. Kemudian pada pagi harinya kami melancarkan serangan terhadap kaum kafir”

Demikianlah kisah hidup seorang ksatria Islam, Khalid bin Walid radhiallahu 'anhu. Semoga kita bisa meneladani perjuangannya.

Sumber : Telegram HT

posted from Bloggeroid

Termasuk Kategori : Idola Muslim
0 Komentar untuk "Pedang Allah yang Terhunus, Khalid bin Walid Radhiyallahu 'Anhu"

Back To Top