Sebaik-baik Ulama

BACA JUGA :


DENIKURNIA.COM-Hasan Al Bashriy rahimahullah berkata, “Sebaik-baiknya keilmuan seorang ulama adalah dia yang terbaik dalam memberikan kadar ma'isyah untuk kehidupan dunianya dan akhiratnya. Kebaikan yang satu tidak dirusak dengan kebaikan yang lain. Namun jika yang demikian cukup melelahkannya, maka ia meninggalkan yang rendah (yakni dunia) dan lebih mengutamakan yang agung (yakni akhirat)

Dari kalimat ini kita bisa memahami bahwa ulama yang terbaik –dalam pandangan Hasan Al Bashri– adalah ia yang terbaik dalam memberikan porsi untuk kehidupan dunia dan kehidupan akhiratnya. Artinya ia memberikan dunianya –di mana ia hidup– sesuai dengan kadarnya dan tidak memberikan kadar yang berlebihan dari keperluan hidupnya.

Demikian juga, dia akan memberikan porsi kehidupan akhiratnya sesuai dengan seharusnya. Tidak menguranginya, dan tidak lebih mengutamakan kehidupan dunia atas kehidupan akhirat. Karena hal demikianlah yang dinyatakan oleh Al Qur’an. “Dan sesungguhnya hari kemudian itu lebih baik bagimu daripada yang sekarang (permulaan)." (Ad Dhuha 4)

Namun jika dalam membagi porsi antara dunia dan akhirat dirasa sangat sulit dan melelahkan, ia harus mengalahkan yang rendah (yakni dunia) dan mengutamakan yang lebih agung, tempat kembali, dan bermuaranya kehidupan dunia ini. Itulah kehidupan akhirat.

#Syariah dan #Khilafah Mewujudkan #IslamRahmatanLilAlamin

Telegram : @hizbuttahririd

posted from Bloggeroid

Termasuk Kategori : Dunia Muslim
0 Komentar untuk "Sebaik-baik Ulama"

Back To Top