Andai Saja Allah Tak Perlu Dibela

BACA JUGA :


Ada yang mengatakan, “Allah tidak membutuhkan pembelaan kita, karena Allah Maha segalanya.” Begitu pula menyatakan, “Sejak dulu al Qur’an telah dihina dan dinista, tapi semua itu tidak bisa meruntuhkan kemuliaannya.” Pertanyaannya, benarkah Allah tak perlu dibela?

Pertama, pandangan seperti ini bukan pemikiran, tetapi fantasi intelektual. Kenapa? Karena menggabungkan dua hal yang konteksnya beda. Konteks “Allah Maha segalanya” dan “Al Qur’an kalam Allah yang mulia” itu terkait dengan Allah.

Sementara, membela dan menjaga kesuciannya adalah konteks kita sebagai manusia. Salah kalau konteks terkait Allah dikaitkan dengan konteks manusia. Konteks pertama adalah wilayah akidah, sedangkan konteks kedua adalah wilayah hukum syariah.

Kedua, andai Allah, kalam dan agamaNya tidak perlu dibela, Allah tentu tidak memerintahkan kita menjadi pembelaNya:

Firman-Nya, “Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kalian sebagai penolong-penolong Allah.” (QS ash Shaff: 14)

Ketiga, andai Allah tidak perlu dibela, maka tidak akan pernah ada “Auliya’-Llah” (penolong/kekasih Allah). Karena adanya “Auliya’-Llah” merupakan konsekuensi dari menolong Allah.

Allah juga berfirman, “Ingatlah, sesungguhnya para pelindung/kekasih Allah itu tidak ada rasa takut sedikit pun pada diri mereka, dan mereka pun tidak bersedih.” (QS Yunus : 62)

Keempat, andai Allah dan agamaNya tidak perlu dibela, maka Nabi Muhammad ﷺ tidak perlu bersusah payah berdakwah hingga berdarah-darah, dan tidak perlu berperang melawan kaum kafir. Begitu juga perjuangan generasi berikutnya dalam membela Allah.

Jadi jelas. Allah dan kalamNya harus dibela dan dilindungi, karena ini merupakan kewajiban. Ketika kita menunaikannya, kita layak mendapatkan gelar sebagai “Auliya’-Llah

Sebaliknya, siapapun yang membiarkan agama ini dinista bahkan membela penistanya, maka sesungguhnya dia telah menjadi “Auliya’ asy Syaithan

Tinggal kita pilih, mau menjadi Auliya’-Llah atau Auliya’ asy Syaithan?

Termasuk Kategori : Dunia Muslim
0 Komentar untuk "Andai Saja Allah Tak Perlu Dibela"

Back To Top