Khodijah Teladan Dalam Cinta Sang Nabi

BACA JUGA :

Waktu Rasulullah ke Goa Hiro dan ketakutan sampai dirumah menggigil kedinginan. Ini pertanda pertama bagi Rasulullah. Khodijah meggunakan sifat Rasul bahwa ALLAH tidak akan menghinakan Rasulullah.

Nenek moyangnya orang Mekkah itu Wahid. Syirik datang yg kedua. Karena Mekkah dan sekitarnya tidak ada apa2.

Khodijah mengenal ALLAH. Khodijah mengatakan ALLAH tidak mungkin menghinakan. Khodijah memiliki sebuah pemahaman yg baik tentang kondisi suami. Sampai akhirnya Rasulullah dibawa ke Naufal. Seorang yg paham betul masalah kitab suci. Salah 1 ajaran pokok di agama adalah widya. Pengetahuan tidak akan sampai ke widya. Agama nggak bisa dibuktikan, maka matilah dulu. Tapi ketika mati bisakah dia kembali. Surga itu ada cerita dari Rasul. Bagaimana mungkin hidup tanpa ada pembalasan.

Kata Khodijah kpd Naufal mengatakan ttg Rasul mendapati apa yang didapati sebuah kisah. Malaikat yg datang kpd para Nabi termasuk Musa. Siapa saja yang didapati bertemu Malaikat maka akan diusir. Kata Naufal sekira aku mendapati umur panjang niscaya aku akan membela Engkau Rasul.

Apa sekiranya yg datang menemui Rasul itu apakah Malaikat atau Syaithan? Hari-hari setelah Rasul mendapatkan wahyu pertama. Itulah hari-hari dimana Rasul mendapatkan tekanan dan Khodijah tetap berada disamping Rasul. Khodijah mapan pemikirannya. Tahun ke-4 Rasul naik ke Goa di Gunung Shofa. Saat itulah tekanan mulai banyak. Rasulullah dilempari kotoran dan lainnya.

Ketika masuk tahun ke 10 terjadi pemboikotan luar biasa, kaum muslimin ada disebuah lembah dimana tidak ada lagi akses makanan bahkan sampai mereka memakan rumput. Bayangkan dimana rumput itu sangat sedikit. Disitulah Khodijah meninggal dunia dalam keadaan yang sangat kurus.

Seorang wanita yg mulia dan kaya raya yg telah menghabiskan semuanya demi suaminya untuk dakwah. Ini kisah cinta pengorbanan yg luar biasa untuk suami.

Sampai suatu hari sahabat Khadijah datang ke Madinah dan Rasulullah mengenalkannya kepada Aisyah. Bahkan sampai Aisyah memiliki rasa cemburu yang luar biasa. Yaa Rasulullah dia Khodijah sudah menjadi mayit yang ada disana, lantas kenapa Engkau masih mengingatnya? Bagaimana aku (Rasulullah) tidak mengingatnya, khadijah telah banyak memberikan pengorbanan kepadaku (Rasulullah).

Tiga pengorbanan Khodijah bagi Rasulullah :
1. Wanita pertama yang beriman kepada-Ku (Rasulullah)
2. Wanita yang memberikan keturunan kepadaku dan selalu ada disisiku dalam setiap keadaan.
3. Wanita yang mengorbankan dan memberikan seluruh hartanya demi diriku.

Pelajaran dari Ibu Khodijah bagi Para Wanita untuk Konteks Hubungan Suami Istri :
1. Sikap seorang wanita yg totalitas kepada suaminya hampir-hampir tak ada pertanyaan yg diajukan kpd Rasulullah dalam hadapi situasi dakwah seperti itu, kecuali hanya ada dukungan dan komitmen.

Sebagai contoh : Ketika kendaraan sedang oleng, maka pendamping jangan banyak bertanya, karena akan membuat pusing supir menjawabnya. Pendamping itu komit dan membantu supir, ayo mas kanan kanan awas itu lubang, dan jangan tidur.

Khodijah mengatakan ALLAH tidak mungin menghinakan Rasul justru mensupport terus Rasulullah.

Cari istri itu yang sudah matang, jangan yang bayi karena akan merawat istri akan menghadapi situasi yang berat. Aisyah dinikahi ketika Rasulullah sudah melewati situasi yang berat itu. Sikap seorang wanita yg mensupport komitmen tinggi terhadap suami. Yang akhirnya disebut dengan Cinta Sejati. Rasul dengan Khodijah memang top banget dan karunia dari ALLAH. Khodijah dan Rasul tidak pernah memiliki sifat yang berbeda. Khodijah dengan Rasul memiliki ikatan batin yang kuat. Kuatnya ini datang karena kesadaran yang baik ketika mengawali rumah tangga. Ketika Abu Thalib membawa Rasul melamar Khodijah. Yang dikatakan Abu Thalib kami datang. Inilah Laki-laki Quraish yang mulia melamar Khodijah. Kemuliaan sikap yang akhirnya menjadikan pasangan ini pasangan yg mulia. Titik dan fokus rumah tangga adalah kemuliaan akhlak. Yang buat ayunan kokoh itu karena karakter dan akhlak.

Kajian Tauhiid
Ustadz Muhsinin Fauzi, Lc
4-2-2017
Termasuk Kategori : Cinta Nabi
0 Komentar untuk "Khodijah Teladan Dalam Cinta Sang Nabi"

Back To Top