Pengenalan Seni Kaligrafi di SMPN 1 Mande

BACA JUGA :

Denikurnia.com- Sebagai salah satu bagian dari kebudayaan Islam, seni kaligrafi atau khat, perlu diperkenalkan sejak dini. Di SMPN 1 Mande, langkah pengembangan seni kaligrafi mulai intens dilakukan. Hal ini disebabkan, salah satunya dengan keberhasilan sekolah ini menembus 5 besar lomba penulisan kaligrafi tingkat kabupaten Cianjur, 2 tahun terakhir ini.

Faktor pendukung lainnya, banyak potensi peserta didik dalam seni yang satu ini. Pembimbingan intensif oleh guru agama, dengan dukungan penuh dari Sanggar Kaligrafi Al Akhyar.

Dalam perkembangannya, lomba seni kaligrafi makin bervariasi. Dalam MKQ misalnya, kategori lomba bertambah menjadi beberapa jenis. Ada kaligrafi mushaf, kaligrafi dekorasi, juga ada kaligrafi kontemporer, yang tidak terikat dengan pakem penulisan khat.

Memang kendala utama pengembangan seni kaligrafi adalah tidak meratanya persebaran pelatih. Bahkan terkesan menumpuk di satu wilayah, sehingga wilayah lain kurang berkembang.
Namun kabar baiknya, bila melihat lomba-lomba kaligrafi yang digelar, menunjukkan perkembangan yang signifikan dari segi kualitas dan kuantitas.
Termasuk Kategori : al Qur'an
0 Komentar untuk "Pengenalan Seni Kaligrafi di SMPN 1 Mande"

Back To Top